Powered By Blogger

Free Money,,sign up,,and get it....

businessmails.biz best way to earn money

21 Juni 2009

Rahasia Jalan Kuda Joe Shandy dan Deddy Corbuzier

Joe Sandy dan Deddy Corbuzier bersama-sama memainkan suatu permainan yang dianggap "magic" tentang perjalanan kuda.

Permainannya sebagai berikut.
Disediakan papan catur 8x8. Seorang penonton akan dipilih secara acak untuk memilih salah satu kotak untuk diisi sebuah bidak kuda. Dimulai dari kotak itu, kuda akan melangkah ke semua petak dari petak-petak catur yang ada, namun setiap petak hanya boleh dilalui 1 kali.
Kasus ini biasa dinamakan dengan "Perjalanan Kuda" atau "Knight's Tour". Di buku-buku lain juga dibahas mengenai perjalanan benteng, perjalanan raja, gajah, dan sebagainya, namun perjalanan kuda-lah yang paling rumit. Lalu, apakah rahasia Joe Sandy?


RAHASIA JOE SANDY
PERJALANAN KUDA

Perhatikan lintasan kuda dari sebuah papan catur di bawah:

Lintasan di ataslah yang dipakai oleh sang Master Deddy dan Joe Sandy dimulai dari petak D7 dan kembali ke D7.

NAMUN, beberapa hal ini adalah ANEH:
1. Joe hanya butuh waktu sebentar untuk memulai permainan, begitu pula Deddy
2. Joe hanya butuh waktu sebentar untuk menjawab langkah berikutnya.
3. Joe sama sekali tidak gugup (tidak takut jawabannya salah).
4. Semua langkah Joe dan Deddy adalah langkah hameltonian yang membuat lintasannya tertutup. Lintasan tertutup ini memiliki tujuan, yaitu agar meniadakan unsur kegagalan saat penonton memilih kotak secara acak, karena kotak manapun sesungguhnya hasilnya akan sama, karena lintasannya tertutup.
5. Anggaplah Deddy dan Joe itu super jenius, dan kita anggap bahwa mereka bisa memperhitungkan derajat tiap verteks yang ada dan memiliki kemampuan mnemonic yang sangat hebat. Verteks yang derajatnya minimum (misalnya di pojok) haruslah diprioritaskan. Kemudian, hebatnya lagi, komputer saja harus melakukan backtracking, jika terdapat verteks (petak) yang berderajat ganjil yang belum dilewati. Andai saja Deddy dan Joe memang begitu, maka mereka bahkan bisa menyaingi komputer, karena menghitung jauh lebih cepat.. Lalu, gimana cara backtrackingnya??Wah, mnemonic yang hebat sekali kalau begitu...

Dugaan Saya :
Joe dan Deddy pasti sudah mengetahui konsep awal dalam permainan mereka, yaitu tentang "Knight's Tour". Jadi, permainan mereka sesungguhnya tidaklah terlalu mendadak. Mereka punya waktu untuk setidaknya "Menghapal lintasan kuda". Namun, lintasan kuda tersebut haruslah hameltonian (tertutup) agar titik awal adalah titik akhir, sehingga petak mana saja yang diambil tidak menjadi masalah. Jadi, mereka harus menghapal suatu lintasan tertutup. Namun, sesungguhnya lintasan tertutup untuk Knight's Tour jumlahnya ada 13.267.364.410.532 buah. Artinya cara untuk menghasilkan lintasan tertutup yang sama antara Joe dan Deddy adalah dengan bekerja sama. Jika tidak, maka kemungkinan lintasan yang dihasilkan adalah terbuka.

Saya dapat mengatakan ini semua karena saya sangat yakin tidak ada orang yang memiliki kemampuan mnemonic hingga melebihi komputer. Knight's tour dapat dipecahkan dengan menghitung derajat tiap verteks (yang jumlahnya ada 64) yang selalu ada akan berkurang setiap langkah. Kemudian, knight's tour juga membutuhkan backtracking agar langkahnya tertutup, artinya diperlukan memory tambahan lagi. Kemudian, jika ada orang yang memiliki kemampuan seperti ini, tidak mungkin dilakukan lebih cepat daripada komputer.

Berikut contoh lain dari "Knight's Tour" yang dipecahkan oleh "The Turk".. Sangat brilliant..

Untuk mengetahui link tentang "Method for finding Knight's Tour", bisa di download di: http://users.soe.ucsc.edu/~pohl/Spring04/warns.pdf, dan di http://faculty.olin.edu/~sadams/DM/ktpaper.pdf.

Sumber : hendrydext.blogspot.com

11 komentar:

  1. Tahukah anda..???

    60% masyarakat bumi yg bikin blog menjadikannyadiary elektronik..??
    dan banyak dari diari tersebut yang dibukukan..??

    diindonesia, bisa anda lihat pada master blog nasional yang udah dpt byk penghargaan dr MURI. RAditya Dika, yg nulis buku KAmbing jantan, radikus makan kakus, brontosaurus, dan msh byk lg yg gue lupo....

    BalasHapus
  2. Saya di dini ada sisi setuju dan tidak setuju.
    Yang setujunya langkah kudanya udah dihafal. Yg ga setujunya ya keterbatasan mnemonic manusia lebih kecil dari komputer. Komputer aja yg buat manusia. Sesungguhnya tingkat keterbatasan dan kecil besarnya suatu hal ada di otak manusia.

    BalasHapus
  3. Lagi pula sudah ada manusia yg berhasil dalam knight tour.

    BalasHapus
  4. salah woi..!!!..menurut loe , kenapa manusia bikin komputer , KARENA DENGAN KOMPUTER MANUSIA BISA MELAKUKAN APA YANG TIDAK BISA DILAKUKANNYA , BERARTI MEREKA BIKIN KOMPUTER UNTK MEMBANTU APA YANG MEREKA TIDAK BISA LAKUKAN , LAGIPULA MANUSIA HANYA MENYUSUN KOMPONENNYA SAJA , TIDAK DENGAN KETINGGIAN MNEMONIC DALAM KOMPUTER.APA LOE MAU NYEBARIN INFO LOE KESELURUH INDONESIA PAKE CARA NGOMONG KEORANG2 , NGGAK KAN ? MAKANYA LOE PAKE KOMPUTER.
    GW GA PERLU TANGGAPAN :P

    BalasHapus
  5. permainannya seperti ap sihsoalnya saya tida menonton ketika deddy dan joe duet tepi kalau bisa saya mau minta videonya.vicky

    BalasHapus
  6. kamu tahu ga yang namanya photographic memory, yang pake teknik UBR atau yang dari eyeQ, saya yakin mereka sudah menguasainya. karena tekniknya sangat gampang dipelajari, apalagi bagi mereka dan pengaplikasiannya sangat bervariasi. dan photographic memory bisa diaplikasikan untuk permainan jenis ini.

    wolu98@gmail.com

    BalasHapus
  7. yang kmu bilang semuanya dah d persiapkan itu 100% Q GAG SETUJU. terlihat dari cara mainnya joe yang terlihat sangat gugup tapi dia berusaha menutupinya. memang itu mnemonic, tapi kemampuannya untuk menghapal dimana saja kuda itu telah berdiri, itu sangatlah sulit. jadi biarkanlah misteri tetap menjadi misteri.

    BalasHapus
  8. @luthfi : joe yg kliatan gu2p tuw emang udh drncanain dri awal,spaya ngciptain imej bhwa dy ad kmampuan mnemonic. .
    Saya dsini tdak brniat utk menjatuhkan mgician laen,tpi hnya utk brbagi ilmu saja utk org yg pgen jdi magician. .

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Setuju,krn pada dasarnya sulap hanyalah trik disertai akting yg meyakinkan untuk hasil yang menakjubkan....seperti yang deny darko pernah bilang di jawa post "pemain sulap itu seperti aktor"

    BalasHapus
  11. magic,, magic,, magic...
    terkadang membuat kita terkesan, namun juga bisa membuat orang-orang yang awam akan magic berdebat,, so.. nikmatin aja apa yang bisa kita lihat dan apa yang bisa kita tampilkan untuk orang lain... hanya untuk menghibur!!

    BalasHapus

Jika menggunakan anonymous harap sertakan nama atau alamat email anda...

Ads